SELAMAT DATANG DI PRIMAGAMA JOGLO

Selasa, 29 Januari 2013

Jalur SNMPTN Berpeluang Besar


Siswa lulusan tahun 2013 memiliki peluang besar untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN . jalur ini merupakan jalur seleksi PTN tanpa ujian tulis yang dahulunya bernama jalur undangan dengan jumlah kuota 50 persen dari daya tampung PTN. Seluruh siswa dapat menggunakan jalur ini dengan memasukkan nilai rapor ke panitia SNMPTN secara online.
Jalur SNMPTN dilakukan secara tiga tahap. Pertama, pendaftaran jalur SNMPTN yang berakhir hingga 8 Februari 2013 kemudian tahap selanjutnya pada 1 Februari 2013 hingga 8 Maret 2013 siswa mendaftarkan bidang studi yang akan dipiihnya, tahap terakhir,pengumuman hasil seleksi jalur SNMPTN yang diterima atau tidaknya di PTN.
Selain jalur SNMPTN masih terdapat jalur yang lain untuk masuk ke PTN diantaranya jalur seleksi mandiri bersama (SMB) yang diadakan oleh sejumlah PTN dan jalur seleksi mandiri yang digelar oleh masing-masing perguruan tinggi. Adapun kuota yang disediakan melalui jalur SMB sebanyak 30 persen dari kapasitas PTN sedangkan pada jalur seleksi mandiri disediakan kuota 20 persen dari kapasitas PTN.

Kesempatan Besar
Besarnya porsi yang disediakan pada jalur SNMPTN diharapkan agar siswa lulusan tahun 2013 mengambil kesempatan tersebut.    Pasalnya jalur SNMPTN ini menyediakan kapasitas sebanyak 150.000 kursi dari jumlah total kursi bagi mahasiswa baru. PTN memberikan porsi yang begitu besar tidak berarti tanpa alasan. Hal ini dilakukan karena berdasarkan evaluasi sejumlah PTN, setiap mahasiswa yang masuk melalui  jalur undangan atau SNMPTN prestasi akademik cendrung relatif stabil.
Ini merupakan kesempatan besar bagi siswa kelulusan 2013 tetapi tetap diwaspadai dengan persaingan. Sudah pasti persiangan melalui jalur undangan ini sagatlah ketat karena PTN akan cendrung memilih siswa yang memiliki prestasi yang akdemiknya stabil.  Oleh karena itu, bagi calon mahasiswa baru disarankan mempunyai cadangan dengan mendaftarkan diri di perguruan tinggi swasta.

0 komentar:

Posting Komentar